Udang Goreng Mayones

Yah, karena naksir sama UGM nya -mango- , maka ketika menemukan resep dari milis , langusng deh pun dicobain, dan ternyata buatnya cukup mudah kok, modal kulkas aja…heuhehhe

udang goreng wijen

Udangnya aku beli yang udah dikupas, terus di cuci, lumuri garam, masukkan kulkas sekitar 5 menit, keluarkan, cuci bersih, lumuri lagi dengan gula pasir, masukin kulkas  5 menit, setelah itu, keluarkan dan cuci bersih.

Ini tips agar udangnya renyah , nggak ‘alot’ …kemudian baru udang di rendam semalaman dalam bumbu, jangan lupa , masukin di kulkas ya.., bumbunya boleh apa saja kok, bawang putih dan garam, kecap manis dan asin..pokoke terserah mau model apa…:)

Siapkan tepung terigu sekitar 75 gr, dan tepung sagu 75 gr, beri lada dan garam, campur rata.
( campuran terigu, boleh sesukanya, nggak harus 75 gr)

Oh iya, kemarin nggak sengaja, setelah aku lumuri tepung, aku simpan lagi di kulkas, hampir seharian ( maklum ya, jalan melulu, kalo weekend) . Ternyata, pas di goreng tepungnya malah bisa nempel dengan sukses di udang nya, remah2 di minyak goreng lebih sedikit…

Oh iya, resep ini nggak pake telur ya, buat balurin si udang, kata yang punya resep sih, malah bikin nggak renyah tepungnya….:)

udang-mayonese-3.jpg

Gampang kan bikinya, tapina, sayang rasanya masih kalah sama yang di -mango-
Oh iya, setelah udang  di goreng, sangrai wijen , terus buat mayonese nya,
Mayonesenya pake aja mayonese kraft,  campur SKM, dan air jeruk lemon, nggak pake takaran lah ya, karena selera nya masing2, kekentalan mayonese, manis dan asem nya, pasti masing2 mempunyai taste yang beda.

Biar lebih enak, setelah udang digoreng, langsung campurin ke mayonese nya.

-mahadewi
masih ada satu resep lagi neh…

Advertisements

About this entry